Kumpulan Contoh RPPM PAUD/TK/KB Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021

Kumpulan Contoh RPPM PAUD/TK/KB Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan atau yang kita kenal dengan singkatan RPPM merupakan salah satu administrasi guru khususnya dijenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) meliputi Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS), Taman Penitipan Anak (TPA), dan Taman Kanak-kanak (TK). RPPM PAUD merupakan sebuah perencanaan dalam proses pembelajaran yang berisi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dalam jangka waktu satu minggu. RPPM ini berlaku semenjak diberlakukannya Kurikulum 2013 pada tahun 2014 dan tidak semua jenjang PAUD menerapkannya, karena masih masa percobaan, namun di tahun pelajaran 2020/2021 sudah diberlakukannya untuk semua jenjang PAUD tanpa terkecuali.
Banyak guru PAUD mencari kumpulan contoh-contoh RPPM PAUD/TK/KB di internet karena ingin mencari referensi dalam membuat RPPM tersebut. Hanya saja guru PAUD kesulitan dalam mencari dan menemukan contoh berupa file sehingga pasrah dan hanya menggantikan RPPM tahun kemaren di copy dan diganti dengan tahun pelajaran sekarang. Padalah tahun kemaren dengan sekarang berbeda dalam pembuatan RPPM. Perbedaannya adalah tahun sekarang ini sudah ada intruksi dari Kemendikbud bahwa pembuatan RPPM harus selembar saja dan tidak lebih. 
Kumpulan Contoh RPPM PAUD/TK/KB Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021
Kumpulan Contoh RPPM PAUD/TK/KB Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021

RPPM yang akan kita bahas kali ini adalah RPPM PAUD/TK/KB di Semester 1 dalam Kurikulum 2013 di tahun pelajaran 2020/2021. Dalam pembuatan RPPM guru harus mengacu dengan Program Tahunan dan Program Semester yang telah dibuat sebelumnya. Karena dalam Prota dan Promes PAUD terdapat isi dari RPPM yang akan kita buat. Isinya berupa tema dan sub tema serta Kompetensi Dasar yang ditargetkan dalam setiap minggu di semester 1. Penentuan tema tersebut tergantung dengan minggu efektif yang sesuai dengan Kalender Pendidikan (KALDIK) PAUD di tahun pelajaran 2020/2021.

Baca juga :
Dalam semester 1 terdapat materi yang disebut sebagai tema, tema ini nantinya akan dijabarkan menjadi sub tema dan sub tema ini lah merupakan materi yang ada di dalam RPPM. Karena 1(satu) RPPM terdiri dari 1 (satu) sub tema. Tema dan sub tema semester 1 dapat kita ketahui yaitu sebagai berikut ini.
  1. Tema 1 ; Diri Sendiri, dengan sub tema (Identitas Diri, Tubuhku, dan Panca Indera)
  2. Tema 2 ; Lingkunganku, dengan sub tema (Keluarga, Rumahku, Sekolah)
  3. Tema 3 ; Kebutuhanku, dengan sub tema (Makanan, Minuman, Pakaian, Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan)
  4. Tema 4 ; Binatang, dengan sub tema (Binatang Darat, Binatang yang hidup di air, dan Binatang yang bisa terbang)
  5. Tema 5 : Tanaman, dengan sub tema (Tanaman Jenis Pohon, Tanaman Hias dan Perdu, Tanaman Jenis Sayu dan Apotek Hidup, Tanaman Jenis Buah dan Umbi-umbian).
Penjabaran di atas merupakan penentu materi dalam pembuatan RPPM PAUD. Untuk itu anda sebagai guru PAUD/TK/KB harus tahu satu per satu sub tema dari tema pada semester 1 tahun pelajaran 2020. Setelah tema di jabarkan menjadi sub tema, nantinya untuk sub tema dijabarkan lagi menjadi sub-sub tema yang mana sub-sub tema tersebut akan dijadikan materi pada pembuatan RPPH PAUD di semester 1 tahun pelajaran 2020.

Berikut file-file yang merupakan kumpulan dari contoh-contoh RPPM PAUD/TK/KB di semester 1 pada tahun pelajaran 2020/2021 yang dapat dijadikan referensi dan rujukan dalam pembuatan administrasi guru PAUD.
1. RPPM PAUD/TK/KB Tema Diri Sendiri/Diriku
    (Unduh File)
2. RPPM PAUD/TK/KB Tema Lingkunganku
    (Unduh File)
3. RPPM PAUD/TK/KB Tema Kebutuhanku
    (Unduh File)
4. RPPM PAUD/TK/KB Tema Binatang
    (Unduh File)
5. RPPM PAUD/TK/KB Tema Tanaman
    (Unduh File)

Semoga artikel yang berjudul Kumpulan Contoh RPPM  PAUD/TK/KB Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021 bisa dijadikan rujukan dalam pembuatan RPPM PAUD dalam semester 1 ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekeliruan dalam penulisan artikel ini.
Latest


EmoticonEmoticon